GS Astra Kembali Raih Indonesia Top Digital Public Relations Award 2019

Peranan Public Relations dalam suatu perusahaan sangatlah strategis dan penting, karena PR dapat membangun hubungan timbal balik yang positif antara perusahaan dan masyarakat serta stakeholder lainnya. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, persebaran informasi melalui internet menjadi sangat mudah bagi  PR untuk menjangkau dan berinteraksi dengan konsumen.

Saat ini opini konsumen yang tampil di kanal digital dapat memberikan dampak yang lebih besar daripada iklan ataupun berbagai media konvensional lainnya. Hal ini yang menjadikan pergeseran pola penyebaran informasi dan interaksi menjadi lebih menantang untuk dilakukan baik bagi perusahaan maupun brand. Strategi yang harus dilakukan untuk menjawab pergeseran pola tersebut adalah dengan mengubah pola komunikasi menjadi percakapan dan persepsi yang terbangun multiarah dan multichannel yang bisa dilakukan oleh PR, salah satunya melalui media sosial.

Begitu juga dengan GS Astra, sebagai produk aki yang paling banyak digunakan oleh konsumen, untuk mengoptimalkan peran PR dalam era digital telah memanfaatkan media sosial untuk menjangkau dan berinteraksi dengan konsumen. Sebelumnya media konvensional yang digunakan hanya dapat memberikan informasi satu arah, namun dengan adanya media sosial menjadikan GS Astra dapat lebih interaktif dan membangun engagement dengan konsumen serta dapat memberikan informasi dengan akses yang lebih mudah kapan saja dan dimana saja.

Melalui kanal digitalnya, GS Astra telah menyajikan edukasi yang mudah dipahami dan berhububungan dengan keseharian konsumen dengan cara yang menyenangkan. Dengan cara penyampaian yang kreatif melalui media sosial yang menyentuh seluruh lapisan, tidak heran hal ini meningkatkan brand awareness konsumen terhadap GS Astra. Sehingga pada Jumat, 25 Januari 2019, GS Astra menerima apresiasi dari TRAS N CO melalui penghargaan Indonesia Top Digital Public Relation Award 2019 dalam kategori Aki.

TRAS N CO bekerjasama dengan INFOBRAND.ID melakukan riset melalui survey Digital PR Index yang dilakukan selama 3 bulan, dengan total brand tersurvei lebih dari 350 brand dengan 50 kategori bisnis. Survey dilakukan melalui data engine pihak ketiga dengan menggunakan 3 parameter penilaian Digital Media Aspect, Social Enggagement Aspect dan Digital Mention Aspect dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Dengan diterimanya penghargaan Indonesia Top Digital Public Relation Award selama dua tahun berturut-turut oleh GS Astra semakin membuktikan bahwa GS Astra mampu bersaing dan terus menerus berpikir kreatif dalam memanfaatkan media komunikasi terutama media sosial untuk mendapatkan engagement dari konsumen.