Penanganan Aki

Simak tips penanganan aki yang baik sejak anda membuka segel, menggunakan, hingga memasang dan melepasnya.

1.  BARU

Supaya umurnya panjang aki harus dirawat. Dimulai sejak segel untuk pengisian air aki masih tertutup. Ketika membeli aki, lepaskan penutup yang terbuat dari aluminium foil tersebut.

Setelah itu isi dengan accu zuur (H2SO4) dengan berat jenis 1.260 (bisa diukur pakai alat hydometer). Lebih dikenal dengan sebutan air aki berwarna botol/lebel merah. Ingat ya, jangan sekali-kali isi dengan air aki berwarna botol/lebel biru. Agar lebih maksimal, diamkan beberapa saat sebelum digunakan.

Penanganan aki diatas adalah untuk aki standar seperti aki GS Premium, sedangkan untuk aki GS Hybrid dan aki GS Maintenance Free bisa langsung untuk digunakan tidak perlu menunggu untuk mengisi accu zuur dan tidak perlu juga didiamkan beberapa saat.

2.  PENGGUNAAN

Selama penggunaan aki juga perlu penanganan yang baik. Kondisi air harus selalu pada batas antara lower level dan upper level. Jika kurang harus segera ditambah. Ketika menambah, hanya boleh pakai aki botol biru H2O. Jangan gunakan air apapun, apalagi air tanah atau air minum.

3.  MEMASANG/MELEPAS AKI

Ketika memasang, dahulukan kutub positif. Sedangkan saat melepas, dahulukan kutub negatif. Ini untuk mencegah terjadinya hubungan pendek antara terminal positif dengan body mobil.

Kencangkan baut pengikat terminal aki dengan baik dan benar. Kalau kendur, proses pengisian dan pelepasan arus tak akan maksimal.